5 Destinasi Liburan di Kalimantan Selatan Yang Wajib Dikunjungi

Andi Suyatno

pantai jorasSumaterazine – Kalimantan Selatan adalah salah satu propinsi di Indonesia yang letaknya berada di bagian selatan dari Pulau Kalimantan, propinsi yang beribukota di Kota Banjarmasin ini memiliki wilayah yang cukup luas dengan totalnya mencapai sekitar 38 ribu km² dan dihuni oleh kurang lebih 3,7 juta jiwa penduduknya yang terdiri dari berbagai suku.

Kalimantan Selatan selatan sendiri memiliki sejarah yang panjang di mana pernah dikuasai oleh tiga kerajaan besar yakni Negara Dipa, Negara Daha, dan Kesultanan Banjar.

Secara geografis wilayah Kalimantan Selatan memiliki topografi yang bervariasi di mana wilayah bagian timur merupakan kawasan dataran rendah, sedangkan wilayah bagian barat berupa kawasan dataran tinggi serta Pegunungan Merantus.

Propinsi Kalimantan Selatan juga memiliki potensi pariwisata yang besar dengan banyaknya objek wisata menarik yang ada di wilayahnya sehingga tentu saja akan mampu menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk mengunjunginya, berikut ini akan kami ulas beberapa destinasi wisata terbaik di Kalimantan Selatan

  1. Pantai Joras

Destinasi liburan pertama yang bisa Anda kunjungi di Kalimantan Selatan adalah Pantai Joras yang lokasi persisnya berada di Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut. Pantai Joras sendiri akan menyuguhkan kepada Anda sebuah panorama alam khas pantai yang sangat mempesona dengan pasir pantainya yang menghampar luas dan juga landai sehingga sangat sesuai untuk bersantai.

  1. Pantai Sungai Pampan

Pantai Sungai Pampan menjadi destinasi wisata kedua yang juga bisa Anda kunjungi di Kalimantan Selatan, pantai yang satu ini lokasinya tidaklah jauh dari Pantai Joras. Pantai Sungai Pampan ini juga memiliki panorama alam yang tidak kalah indahnya dengan Pantai Joras di mana Anda akan bisa menyaksikan hamparan pasir yang sangat luas dan berpadu dengan birunya air laut.

pantai sungai pampan

  1. Pulau Kembang

Destinasi wisata ketiga yang bisa Anda kunjungi di Kalimantan Selatan adalah Pulau Kembang yang mana merupakan sebuah delta atau pulau kecil di tengah Sungai Barito, tepatnya berada di Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala. Di Pulau Kembang ini Anda bisa menikmati kondisi alamnya yang masih sangat asri, Anda juga akan bisa menjumpai banyaknya monyet liar yang berkeliaran.

pulau kembang

  1. Pulau Birah – Birahan

Pulau Birah – Birahan menjadi destinasi liburan keempat yang juga bisa Anda kunjungi di Kalimantan Selatan, pulau yang satu ini secara administratif masuk ke dalam Kabupaten Kotabaru. Anda perlu menggunakan perahu yang disewakan oleh nelayan untuk menuju pulau ini dengan tarif berkisar 500 ribu rupiah, pulau yang satu ini memiliki pantai dengan panorama alam yang sangat indah.

  1. Pulau Samber Gelap

Destinasi wisata kelima yang juga bisa Anda kunjungi di Kalimantan Selatan adalah Pulau Samber Gelap yang lokasinya berada di Kecamatan Sebuku, Kabupaten Kotabaru. Anda bisa mencapai pulau ini dari Pelabuhan Samudera dengan menggunakan speedboat yang akan memakan waktu tempuh sekitar 2 jam, Anda juga akan bisa menyaksikan panorama pantai yang mempesona.

pulau samber gelap

Apabila Anda ingin pergi berwisata ke Kalimantan Selatan, maka Anda bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata yang ada di atas.

Baca juga : 2 Penginapan di Bandung ini Bisa Jadi Pilihan

Diolah dari berbagai sumber.