Abu Tumin Ajak Tuntaskan Masalah Dengan Dialog Bukan Aksi Emosional

Andi Suyatno

Abu Tumin Ajak Tuntaskan Masalah Dengan Dialog Bukan Aksi Emosional

Sumaterazine –  ULAMA Kharismatik Aceh Tgk H Muhammad Amin yang akrab disapa Abu Tumin BlangBlahdeh, mengatakan, regulasi yang berkaitan dengan pelaksanaan syariat Islam di Aceh harus bisa dijalankan secara maksimal.

Baca juga : Tokoh Golkar Aceh Harapkan Festival Panen Kopi Gayo Jadi Event Internasional

Kata Abu Tumin, sebelum keluar peraturan gubernur (pergub) tentang pelaksanaan aqubat cambuk di penjara yang kini dipersoalkan oleh sejumlah pihak, aturan atau qanun yang diberlakukan juga belum berjalan maksimal. Itu sebabnya Abu meminta kepada Pemerintah Aceh dan Kabupaten/Kota untuk menjalankan secara maksimal setiap qanun yang sudah dibuat itu.

Baca juga : Politisi Golkar Ini Yakin Aceh Utara Jadi Lumbung Pangan Nasional

Bukan rahasia lagi, kerap uqubat cambuk tak bisa dilaksanakan hanya karena pemerintahtidak menganggarkan dana. “Setiap peraturan yang dibuat, apakah qanun, pergub, dan lainnya harus benar-benar dijalankan dengan baik dan maksimal, karena sebelumnya qanun yang sudah dibuat bertahuntahun belum berjalan dengan baik di seluruh kabupaten/kota di Aceh,” kata Abu Tumin.

Baca juga : Ketua Umum Airlangga Hartarto Puji DPD-I Partai Golkar Aceh Soal Verifikasi Partai

Baca juga : Menakar Tafsir Makna “Pungo” di Aceh

“Mari kita meredam suasana dan menjaga kesejukan, karena tidak pernah tuntas masalah dengan aksi-aksi yang emosional,” tegas Abu Tumin. Dikatakan, dirinya bukanlah pendukung atau penolak pergub, karena selama ini tidak mengikuti dengan seksama proses pembentukan produk hukum tersebut. Namun, kata Abu Tumin, apa pun regulasi yang dibuat harus sesuai dengan syariat demi kemaslahatan umat. [Sumber]