Andi Rachman Dihibur Randai Di Pasar Usang, Kecamatan Baserah, Kuantan Singingi

Andi Suyatno

Andi Rachman Dihibur Randai Di Pasar Usang

Calon gubernur (Cagub) Riau Arsyadjuliandi Rachman diajak berandai bersama warga di Pasar Usang, Kecamatan Baserah, Kuantan Singingi (Kuansing), Kamis, (1/3/2018) malam.

Diselimuti udara dingin selepas hujan, Cagub Riau nomor empat ini begitu menikmati kesenian rakyat yang sudah masuk dalam Warisan Budaya Tak Benda ini.

Ikut menemani Andi Rachman Berandai di antaranya yakni Ketua DPRD Kuansing Andi Putra, mantan Bupati Kuansing H Sukarmis dan Ketua Fraksi Golkar DPRD Riau Supriati.

Sekali waktu Andi ikut bergojet mengelilingi lapangan Pasar Usang Baserah mengikuti irama. Dapat dua putaran joget keliling lapangan, ia kembali duduk untuk menyapa warga.

Banyak warga yang tanpa sungkan langsung duduk di samping beliau. Tak ada sekat antara warga dan Andi Rachman. Warga bisa langsung membaur dan bercerita dengan Andi Rachman.

Tampak juga Andi Rachman tertawa terbahak bahak ketika menyaksikan drama rakyat yang menyelingi kesenian Randai ini.

“Saya senang sekali bisa membaur bersama masyarakat dengan kesenian Randai ini. Sangat menghibur sekali. Bisa olahraga juga, berjoget sesuai irama,” ungkapnya.

Apalagi kesenian Randai sudah masuk dalam Warisan Budaya Tak Benda Provinsi Riau yang disahkan oleh Kementerian Pendidikan pada 2016 lalu.

Tidak hanya Randai Kuantan, pacu jalur juga masuk dalam Warisan Budaya Tak Benda pada tahun tersebut.

“Ini bagian ihtiar dari kita. Masuknya kedua kegiatan masyarakat Kuansing tersebut menjadi bukti bahwa Pemprov Riau berusaha melestarikan tradisi yang sudah berlangsung lama,” tutupnya.