Baca Ini Biar Bisa Lebih Sering Piknik Pada 2018

Andi Suyatno

wisata 2018

Artikel Wisata – Tempat mana yang paling ingin Anda kunjungi untuk liburan tahun ini? Apakah itu Inggris, Paris, Islandia, Maladewa, Jepang, atau kota-kota di Indonesia?

Bila sudah berniat untuk lebih sering jalan-jalan pada 2018, Anda bisa mewujudkannya dengan persiapan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Pergi ke tempat yang butuh banyak biaya, bisa tetap Anda lakukan tanpa harus menguras tabungan. Ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti demi perjalanan idaman sepanjang 2018.

Pertama adalah, pisahkan pendapatan dan buat pos tersendiri untuk dana perjalanan. Cari bentuk simpanan di bank yang tak mudah Anda tarik dan bunganya menarik.

Anda bisa mengikuti program di bank, di mana setiap bulan sejumlah dana akan ditabung otomatis dengan jumlah yang disepakati sebelumnya. Dipaksa menabung seperti ini dapat mewujudkan liburan impian Anda.

Setelah itu, kaji pemasukan dan pengeluaran bulanan, dan buatlah sejumlah pemotongan. Cari tahu untuk apa Anda paling banyak mengeluarkan uang, dan apakah hal tersebut memang diperlukan, bisa dikurangi, atau bahkan dihilangkan.

Miron Lulic, CEO situs keuangan SuperMoney mengatakan bahwa salah satu kesalahan finansial terbesar yang dilakukan orang adalah segera mengubah gaya hidup mereka saat mereka menerima kenaikan gaji atau bonus.

Gunakan penghargaan (reward) dengan bijak. Bila Anda pengguna kartu kredit, biasanya ada imbalan setelah membeli tiket pesawat atau hotel.

Bisa juga ada promosi atau poin yang didapatkan setelah melakukan transaksi. Maksimalkan pemanfaatannya, baik itu potongan harga atau bonus lain.

Salah satu cara hemat biaya saat melancong, seperti dilansir Forbes, adalah lebih memilih hostel daripada hotel atau apartemen. Terutama bagi Anda yang ingin tinggal dalam waktu beberapa minggu di sebuah kota.

Jika beruntung dapat teman warga lokal, Anda bisa lebih hemat lagi karena dapat menumpang bermalam di rumahnya.

Soal tiket dan akomodasi, Anda disarankan setia pada satu jenama hotel atau maskapai penerbangan. Tujuannya agar mendapatkan keuntungan dan lebih hemat.

Biasanya mereka memberikan poin dan penghargaan dalam bentuk potongan harga atau lainnya kepada pelanggan setia.

Bila sudah sampai di tujuan, biasanya Anda akan menyewa kendaraan walau hanya pergi sendiri atau berdua. Untuk menekan anggaran, cobalah ajak pelancong lain berbagi sewa kendaraan.

Umumnya, saat pergi ke kota kecil turis akan pergi ke objek wisata yang sama. Jadi, mengapa tak pergi bersama. Hasil penghematannya bisa digunakan untuk kebutuhan lain.

Cara lain agar bisa lebih sering melancong pada 2018 adalah lebih fleksibel dengan tujuan dan tanggal perjalanan.

Pada saat ada hari libur, perayaan atau momen populer di sebuah kota, tiket transportasi dan akomodasi cenderung lebih mahal, sebab semua orang ingin ke sana, begitu juga dengan Anda. Maka memilih tanggal yang kurang populer bisa jadi cara untuk berhemat.

Juga jangan ragu mempertimbangkan destinasi yang kurang terkenal, namun menawarkan atraksi atau pemandangan yang tak kalah menarik. Sebab Anda berkesempatan untuk menjelajah tempat tersebut sesuka hati.

Pilihan lain adalah mengeksplorasi kota domisili. Opsi ini cocok bagi yang merasa masih kesulitan mengatur keuangan.

Bila tetap ingin melancong ke tempat yang jauh, Anda bisa memikirkan untuk mencoba jalur sukarelawan. Menunaikan tugas sambil berjalan-jalan. Cara ini populer di komunitas perjalanan.

Voluntourism pada dasarnya adalah melakukan perjalanan untuk melakukan sesuatu yang membantu penduduk setempat.

Anda bisa mengajar bahasa, membangun rumah dan sekolah untuk masyarakat yang membutuhkan, dan sebagainya sesuai kebutuhan. Sebagai bayaran, Anda mendapatkan kompensasi masa tinggal.

Trik lain untuk tetap dapat melakukan perjalanan, juga mendapatkan uang, Anda bisa mencoba bekerja sambil liburan. Pekerjaan seperti menulis, guru yoga, guru bahasa, bisa Anda coba.

Namun, bila ragu akan mudah mendapatkan pekerjaan di tujuan liburan, Anda bisa mencari pekerjaan lepas dari negara asal, yang bisa dibawa dan dikerjakan di mana pun Anda pergi. [beritagar.id]