Firmandez Apresiasi Pemerintah Aceh, KEK Arun Akan Beroperasi

Andi Suyatno

firmandez kek arun

Sumaterazine – Ketua Umum Kamar Dagang dan Indutri (KADIN) Aceh, H Firmandez, mengapresiasi langkah-langakah yang telah dilakukan Pemerintah Aceh terkait akan beroperasinya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun.

H Firmandez berharap, para pengusaha Aceh, baik yang ada di Aceh, nasional, maupun di luar negeri, bisa mengambil peran dalam memajukan KEK Arun tersebut. “Pengusaha Aceh dan pengusaha asal Aceh di luar Aceh, harus mengambil peluang ini, agar iklim dunia usaha di Aceh tumbuh sehat,” himbau H Firmandez, Kamis, 3 Mei 2018.

H Firmandez yang juga Koordinator tim pemantau otonomi khusus (Otsus) Aceh ini melanjutkan, beroperasinya KEK Arun harus memberi dampak yang signifikan bagi pertumbuhan dunia usaha di Aceh. Dewan KEK Arun juga diharapkan memberi peluang yang seluas-luansya untuk keterlibatan pengusaha Aceh.

Selain itu, H Firmandez berharap, dengan beroperasinya KEK Arun nantinya, aktivitas ekspor impor bisa langsung dilakukan melalui pelabuhan Krueng Geukuh, tidak lagi bergantung dengan Belawan, Sumatera Utara, sehinga bisa memangkas biaya dan menambah pendapatan daerah.

“Agar ini berjalan dengan baik, kita berharap infrastruktur di pelabuhan Krueng Geukuh bisa ditingkakan, karena ini merupakan salah satu penopang KEK Arun untuk mendukung aktivitas perekonomian di Aceh,” lanjut H Firmandez.

Masih menurut H Firmandez, beroperasinya KEK Arun juga diharapkan bisa meningkatkan pertumbuhan industri pariwisata di Aceh, khususnya di daerah kawasan KEK Arun.

“Ini harus sejalan, multiplayer efeknya nanti ke situ. Apa lagi sudah ada penetapan beberapa kawasan yang menajdi wisata strategis, seperti Banda Aceh, Sabang, Simeulue, Takengon, dan Leuser. Ini harus terus dimaksimalkan,” pungkas H Firmandez. (Sumber)