Hindari 6 Kebiasaan Ini Bikin Kesehatan Vagina Kamu Terganggu!

Andi Suyatno

tutup muka malu

Sumaterazine – Seperti yang kamu ketahui dan sadari vagina adalah alat vital yang harus kamu jaga kesehatannya. Karena vagina tidak hanya berfungsi sebagai alat reproduksi, namun vagina juga sangat berpengaruh besar dalam kesehatan perempuan itu sendiri. Sayangnya, banyak kebiasaan sehari-hari kamu yang nggak kamu sadari yang justru menyebabkan vagina menjadi tidak sehat.

Lalu, apa saja sih kebiasaan yang bisa mengganggu kesehatan vagina kamu? Oleh karena itu, Hindarilah 6 kebiasaan yang berdampak buruk pada vagina berikut ini!

1. Menggunakan sabun kewanitaan terlalu banyak

Mungkin selama ini kamu berpikir kalau memakai sabun khusus untuk vagina adalah hal yang bisa menyehatkan vagina terlebih jika kamu memakainya dalam jumlah yang banyak. Meski tiap jenis sabun khusus vagina tergolong lembut, justru hal itu bisa menimbulkan iritasi pada labia, lho.

Padahal, sebenarnya yang baik semakin sedikit sabun khusus vagina yang kamu gunakan justru akan semakin baik untuk kesehatan vagina kamu.

Selain itu, meskipun saat menggunakan sabun khusus kewanitaan kamu menggosok vagina dengan halus dan lembut sekalipun, hal itu bisa menyebabkan vagina kamu jadi nggak sehat dan bisa menyebabkan kerusakan jaringan.

2. Menggunakan pantyliners

Nggak sedikit dari perempuan menggunakan pantyliners untuk mengatasi keputihan, mungkin termasuk kamu ya. Eits! Hal ini sebenarnya salah dan nggak baik untuk kesehatan vagina kamu, lho!

Padahal hal tersebut hal ini justru bisa menyebabkan iritasi pada vagina.

Hal itu dikarenakan, pantyliners menggunakan bahan sintetik yang apabila dipakai setiap hari dan terkena kulit yang sangat amat sensitif, dapat mengakibatkan iritasi dan ruam tak sehat pada area vagina kamu.

Jadi, sebaiknya saat kamu sedang keputihan hindari penggunaan pantyliners ya!

3. Menggunakan celana ketat terlalu lama

Kamu termasuk perempuan yang suka olahraga? Tentu pakaian olahraga yang akan kamu pilih dan buat kamu nyaman adalah dengan menggunakan celana spadex atau celana ketat agar gerak kamu lebih leluasa ya,

Yang perlu kamu ongat, setelah berolahraga menggunakan celana ketat sebaiknya segera berganti pakaian ya.

Karena jika tidak berganti pakaian segera, suhu yang hangat dan lembab tersebut bisa membuat jamur di vagina perempuan tumbuh dengan subur. Akibatnya vagina rentan terkena infeksi jamur.

Oleh karena itulah, sebaiknya setiap kali selesai olahraga kamu harus selalu berganti celana dan celana dalam yang sudah kamu gunakan.

4. Menggunakan pembalut terlalu lama

Selain hal di atas yang sering dibaikan permpuan yang bisa mengganggu kesehatan vagina, menggunakan pembalut terlalu lama saat haid juga bisa menyebabkan gangguang pada vagina.

Oleh karenanya saat kamu sedang haid, penting bagi kamu untuk mengganti pembalut secara rutin.

Ingat! Jangan memakai satu pembalut seharian penuh, karena bisa memicu infeksi serta bau tidak sedap.

Sebaiknya, saat kamu sedang haid gantilah pembalut minimal 3-4 jam sekali, atau lebih sering jika darah haid kamu sedang banyak-banyaknya.

5. Menggunakan G-String

Menggunakan G-String memang dapat menaikkan kepercayaan diri kamu, terlebih di depan pasangan.

Meskipun demikian, penggunaan G-String yang terlalu lama ternyata dapat berakibat buruk buat vagina kamu, lho!

Hal itu dikarenakan tali pada G-String jika menempel di kulit dalam jangka waktu yang lama, setiap hari juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit halus vagina.

Selain itu, penggunaan G-String terlalu lama juga dapat menyebabkan gatal-gatal yang mengganggu.

6. Mencukur rambut kemaluan

Mungkin selama ini kamu beranggapan jika memiliki banyak bulu kemaluan membuat kamu nggak percaya diri di depan pasangan.

Padahal, jika kamu sering mencukur bulu kemaluan bahkan hingga setiap hari, hal ini dapat membuat iritasi kulit pada vulva dan bahkan di bagian dalam vagina, menyebabkan benjolan tidak jelas, ruam, dan juga infeksi, lho!

Oleh karenanya, jika kesehatan vagina kamu nggak ingin terganggu, jangan mencukur rambut kemaluan kamu setiap hari ya!

Jadi, jika ingin vagina kamu sehat hindari 6 kebiasaan di atas ya! Semoga bermanfaat!

Sumber