Ini Alasan ARB Dukung Pesawat R80

Andi Suyatno

Ini Alasan ARB Dukung Pesawat R80

MUNCHEN – Pasca petemuan dengan Mantan Presiden BJ Habibie, Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie (ARB) mendukung dan mengajak semua kalangan mendukung Pesawat R80 yang dirancang Habibie. ARB berpendapat bahwa Peswat R80 adalah pintu gerbang bangkitnya industri dirgantara Indonesia yang bisa mengantar negara ini menjadi negara maju.

“SDMnya ada, dan terbukti dipakai di Brazil dan Malaysia. Tapi yang tidak ada di kita adalah dukungan konkrit pemerintah Indonesia terhadap aerospace industry! Padahal pemerintah cukup menaruh dana 20%, serta berbagai kemudahan lain, kita akan menjadi salah satu negara aerospace industry yang termaju di dunia,” kata ARB dalam akun instagramnya @aburizalbakrie.id

ARB menceritakan bahwa Embraer, pembuat pesawat Brazil yang didukung pemerintahnya, baru ada dan mulai dikembangkan sesudah PT DI bisa membuat kapal terbang N235 dan N250. Tetapi saat ini Embraer sudah menjadi saingan negara-negara maju dalam membuat pesawat, bukan saja pesawat komersial, tapi juga pesawat pribadi.

“Siapa di balik berkembangnya Embraer?
Ternyata mereka adalah insinyur-insinyur Indonesia yang dulu bekerja di PT DI,” ungkapnya.

Menurut ARB, pasca ribuan insinyur Indonesia kehilangan pekerjaan setelah PT DI “dimatikan” tahun 1997, mereka mencari kerja ke luar negeri. Tenaga ahli Indonesia itu kemudian ditampung oleh Embraer untuk mengembangkan pesawat buatannya.

Tak hanya Brazil, bahkan Malaysia pun mulai meminati dan memakai para insinyur pembuat pesawat dari Indonesia. “Sekarang, Malaysia tetangga kita, sudah mencanangkan akan menjadi pembuat pesawat termaju dan termodern. Mereka ternyata juga menggunakan insinyur-insinyur Indonesia yang sebelumnya bekerja di Embraer. Karena tenaga lokal Brazil sudah bisa alih kemampuan, maka insinyur kita dipulangkan,” tuturnya.

Karena itu, ARB berharap ada dukungan kongkrit pemerintah juga masyarakat terhadap industri dirgantara Indonesia. Sebab jika itu terwujud maka yang diuntungkan juga Indonesia sendiri.

“Bayangkan saja subcontractor lokalnya jumlahnya bisa ribuan. Lebih dari itu, yang terpenting, kemampuan engineering akan membuat suatu negara lebih cepat tumbuh dan berkembang. Bukankan kita ingin Indonesia menjadi negara maju?” jelasnya.

Karena itulah, kata ARB, dirinya mendukung Habibie yang akan membuat dan memproduksi Pesawat R80. Sebab hal itu bisa menjadi momentum bangkitnya industri dirgantara Indonesia.

“Maka kita harus dukung Pak Habibie dan Pesawat R80. Saatnya pesawat buatan anak bangsa terbang di angkasa nusantara dan dunia” pungkasnya. [Sumber]