Ini Dia Idola Sepak Takraw Indonesia, Saiful ‘Mas Ipul’ Rijal

Andi Suyatno

Saiful Rijal

Sumaterazine – Indonesia berhasil menambah koleksi medali emas Asian Games 2018 ke-31 berkat sumbangan satu medali emas dari cabang olah raga sepak takraw.
Ini menjadi momen pertama cabang olah raga berhasil memberikan medali emas di ajang sekelas Asian Games 2018 ini.

Tim sepak takraw Indonesia berhasil menang 2-1 atas tim sepak takraw Jepang pada babak final Asian Games 2018 yang diadakan di Ranau Hall Jakabaring Sport City Palembang, Sabtu (01/09/18).
Sumbang Medali Emas, Tim Sepak Takraw Indonesia Cetak Sejarah di Asian Games 2018

Kemenangan Indonesia di final Asian Games 2018 tak lepas dari peran Saiful ‘Mas Ipul’ Rijal yang berhasil membawa tim Indonesia mengungguli Jepang.
Saiful Rijal atau yang dijuluki Mas Ipul dikenal publik lewat sepak takraw karena memiliki tendangan smash yang kencang, dengan gaya akrobatik yang mumpuni.

Menurut sumber dari memotimurlumajang.com, Mas Ipul telah terbiasa dari kecil bermain sepak takraw karena di desanya yaitu Kecamatan Pronojiwo, Jawa Timur, sepak takraw adalah olahraga yang sering dimainkan oleh masyarakat setempat.
Bakat Mas Ipul terlihat ketika SMP kala ia tergabung dalam tim Lumajang dalam ajang Pekan Olah Raga Daerah (Popda). Mas Ipul berhasil membawa tim Lumanjang menjadi juara 1.

Prestasi Mas Ipul semakin menanjak ketika dibangku kuliah. Mas Ipul rela meninggalkan bangku kuliahnya untuk fokus menjadi atlet sepak takraw.
Dan hasilnya pun tak sia-sia, Mas Ipul bersama Tim Jawa timur berhasil menyabet medali emas di Pekan Olah Raga Nasional 2016.

Tahun 2007 nama Mas Ipul masuk kedalam atlet yang bertanding dalam SEA Games 2017 cabang olah raga sepak takraw dan berhasil membawa medali perak pulang ke Indonesia. Dan pada Asian Games 2018, Mas Ipul dan rekan-rekan berhasil menyumbang medali emas untuk Indonesia.

Sumber