Pulau-Pulau Buatan Termahal di Dunia

Andi Suyatno

PULAU umumnya terbentuk secara alami lewat mekanisme geologi di bumi. Tapi dengan kecanggihan teknologi, manusia ternyata juga bisa membuat pulau buatan. Namun untuk membuatnya membutuhkan dana yang sangat banyak. Berikut ini pulau buatan termahal di dunia.

1. Amwaj Islands

Pulau-pulau di Amwaj Island di Bahrain dibangun pada 2006 dengan investasi sebesar USD1,5 miliar. Pulau buatan ini berada di atas laut dan dilengkapi dengan dermaga.

2. Dubai Palm Jumeriah

Pembangunan Dubai Palm Jumeriah menggunakan 94 juta meter kubik pasir dan 7 juta ton batu. Dari udara, terlihat seperti pohon palem yang membentang sepanjang 5 kilometer di Teluk Persia.

3. Umihotaru

Pulau ini unik. Dilihat dari luar angkasa, pulau Umihotaru terlihat seperti leher yang membentang sepanjang Teluk Tokyo sampai pertengahan perairan. Mobil memasuki terowongan yang menghubungkan pulau tersebut.

4. Harbor Island

Harbor Island San Diego California Amerika Serikat (AS) memiliki luas 395 hektare lahan untuk konstruksi dan membutuhkan 24 juta meter kubik pasir. Di Harbor Island terdapat pelabuhan industri terbesar di dunia.

5. Floating Island

Arsitek asal New York, AS Vito Acconci menciptakan pulau terapung berbentuk kerang di Sungai Mur di Graz, Austria. Di dalam pulau itu dibangun sebuah kafe dan bagian atasnya bisa dijadikan amphiteater.

6. The World Island in Dubai

Pulau ini dirancang sebagai pulau pribadi selebriti yang membutuhkan privasi. Pembangunannya dimulai pada 2003 dan sempat dihentikan karena krisis keuangan – KoranSindo