Ternyata Olahraga Angkat Besi Baik untuk Kesehatan Mental

Andi Suyatno

angkat besi

Sumaterazine – Olahraga tak hanya menyehatkan fisik, tetapi juga mental. Sebuah studi menemukan bahwa latihan ketahanan secara khusus memiliki dampak positif pada pikiran.

Para peneliti dari University of Limerick menyimpulkan bahwa angkat besi berhubungan dengan penurunan gejala depresi secara signifikan. Mereka juga berpendapat, latihan kekuatan juga bisa dijadikan tambahan atau alternatif untuk terapi gejala depresif.

Angkat besi sendiri merupakan olahraga populer, termasuk pada wanita. Aktivitas fisik yang menggunakan barbel tersebut tak hanya membuat tubuh menjadi ramping dan berbentuk, tetapi juga meningkatkan metabolisme.

Namun, salah satu alasan kuat mengapa banyak orang senang dengan olahraga tersebut adalah dapat membuat mereka merasa bertenaga, lebih percaya diri, dan puas dengan kemajuan pada diri sendiri.

Para peneliti menganalisa 33 studi klinis yang berbeda dengan melibatkan total 1.877 orang untuk mencari tahu apakah latihan ketahanan memiliki efek pada gejala depresi seperti merasa tak berharga, suasana hati buruk, dan kehilangan semangat untuk beraktivitas.

“Menariknya, peningkatan angka lebih besar ditemukan pada orang dewasa dengan gejala depresi ringan hingga sedang. Artinya, latihan olahraga ketahanan memberi efek khusus pada mereka yang memiliki gejala depresi pada tingkat tersebut,” ujar peneliti Brett Gordon.

Gordon menyarankan untuk melakukan latihan angkat beban dua kali seminggu, dengan gerakan pengulangan delapan hingga 12 kali pada 10 gerakan berbeda. (Sumber)