Tiap Hari Habis Rp 6,9 Milyar Untuk Makan Atlet Asian Games 2018, Ini Menunya

Andi Suyatno

menu makan asian games 2018

Sumaterazine – Tahun 2018 ini Indonesia berkesempatan unutuk menjadi tuan rumah unutk acara yang megah Asian Gmaes yang ke-18. Sebagai tuan rumah, Indonesia semaksimal mungkin memenuhi kebutuhan para atlet selama bertanding seperti akomodasi, transportasi, dan tak kalah penting konsumsi.

Tidak hanya lezat, penyediaan konsumsi bagi para atlet dari seluruh Asia ini juga perlu diperhatikan dari berbagai faktor. Mulai dari selera makan sampai kelengkapan nutrisi. Alhasil makanan bagi para atlet Asian Games bisa digolongkan sebagai makanan bintang lima.

“Biaya per sekali makan adalah sarapan Rp 210.000. Untuk makan siang dan makan malam Rp 240.000,” kataVice Director Catering Department Inasgoc, Yooky Tjahrial dihubungi KompasTravel, Rabu (29/8/2018).

Biaya tersebut dihitung per sekali makan, untuk satu orang di Wisma Atlet Kemayoran. Yooky menyebutkan jumlah atlet serta delegasi yang disediakan makan bervariasi. Hal itu mengingat para atlet harus mengalami penyisihan untuk jadi jawara di pertandingan final.

“Terbanyak atlet dan official yang tinggal di Athelete Village (Wisma Atlet) ada 10.000 orang,” jelas Yooky.
Dilansir dari KompasTravel mencoba menghitung pos bujet makanan para atlet dan delegasi untuk satu hari. Dengan menjumlahkan biaya makan pagi, siang, dan malam dikali 10.000 orang.

Jumlah biaya yang dikeluarkan pemerintah adalah sekitar 6,9 miliar per hari untuk biaya satu hari makan para atlet dan delegasi di Asian Games. Dining Hall di Wisma Atlet, Kemayoran mencoba memenuhi konsumsi atlet dengan buka selama 20 jam sehari mulai dari pukul 05.00-01.00 WIB.

Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) menyediakan makanan non stop dari pukul 05.00-01.00 WIB untuk memenuhi konsumsi atlet selama Asian Games. Ada beragam makanan yang disediakan Inasgoc untuk atlet.

“Dalam sehari ada tiga kali waktu makan terdiri dari sarapan, makan siang, dan makan malam. Memang Dapur kita ada di Dinning Hall, jadi kita persiapkan semua disana,” jelas Vice Director Catering Department Inasgoc, Yooky Tjahrial dihubungi KompasTravel, Rabu (29/8/2018).

Selain makanan, para atlet juga disajikan minuman seperti soft drink, jus, dan es krim. Berikut ini adalah makanan yang disajikan bagi para atlet di Dining Hall, Wisma Atlet:

1. Aneka Sup
Pilihan sup seperti sup ayam jamur ala China dan sup jagung juga disediakan bagi para atlet. Selain dicantumkan nama, seluruh hidangan yang disajikan juga mencantumkan kandungan gizi.

2. Aneka pasta

Jenis pasta seperti spaghetti dan penne disiram saus bolognaise menjadi hidangan Barat yang disajikan kepada para atlet. Pasta diakui oleh Yooky juga menjadi hidangan favorit atlet Asian Games.

3. Aneka daging panggang

Aneka daging panggang seperti daging ayam daging sapi yang dibakar dengan bumbu kemudian disiram dengan berbagai saus seperti saus jamur, saus tomat, saus barbeque, saus saripati daging juga menjadi hidangan wajib.

Yooki menyebutkan kebutuhan protein dari altet cukup tinggi.

4. Roti Canai dan Kari

Untuk hidangan Asia Tengah, roti canai dan pilihan berbagai kari dapat dicicipi oleh para atlet. Selain itu juga ada pilihan jenis roti, seperti roti pita.

5. Salad Bar

Bukan hanya banyak pilihan sayur, salad bar di Wisma atlet juga dipenuhi dengan pilihan aneka daging.

Seperti daging tuna, peperoni, dan dada ayam rebus. Selanjutnya adalah biji-bijian yang juga berguna untuk menambah gizi.

Sumber