Untuk Lebih Sehat, Pilih Kopi Hitam atau Teh Hitam?

Andi Suyatno

kopi hitam oke

Sumaterazine – Salah satu hal yang paling menyenangkan ialah terbangung di pagi hari lalu menyeruput teh hitam atau kopi hitam sambil menikmati pemandangan yang sejuk. Soal pilihan minuman, setiap orang tentu punya selera masing-masing. Ada orang yang minum teh hitam, ada pula orang yang hanya suka minum kopi hitam, namun jarang menemui orang dengan selera keduanya. Jadi, jika boleh bertanya, mana yang lebih menguntungkan bagi kesehatan? Kopi hitam atau teh hitam?
Mengutip dari Times of India, teh hitam bukan hanya bermanfaat menghangatkan tubuh di musim dingin saja tapi juga dikenal untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan meningkatkan antioksidan, karena mengandung polifenol. Ini merupakan sejenis antioksidan yang mencegah bahan kimia memasuki sistem tubuh. Polifenol ini juga berfungsi melawan bakteri penyebab plak, memperkuat tulang, bahkan melawan kanker ovarium.
Selain itu, teh hitam juga kaya akan antigen alkilamin dan tanin yang dapat memperkuat usus. Soal kandungan kafein dalam teh, jika diperhatikan kafein dalam teh lebih sedikit dibandingkan dengan kopi. Minuman ini juga memberikan perlindungan terhadap penyakit seperti parkinson, karsinoma sel basal, alzheimer, diabetes, kanker prostat pada pria dan kanker endometrium pada wanita.
Sementara, meskipun kopi hitam kerap dinilai sebagai minuman yang buruk, namun kopi hitam tetap memiliki manfaat yang tak terhitung banyaknya. Minum ini dikaitkan dengan kehidupan yang lebih panjang. Seperti teh hitam, kopi hitam juga mengandung antioksidan, potasium dan juga magnesium.
Jadi, antara teh hitam dan kopi hitam, mana yang lebih sehat?
Terus terang, itu tergantung pada manfaat yang ingin diperoleh. Keduanya memiliki manfaat yang hampir sama. Namun, ada satu perbedaan yang signifikan, yaitu perbedaan jumlah kafein yang terkandung pada kedua minuman tersebut. Kopi memiliki dua kali lipat jumlah kafein (1/4 liter mengandung 80-90 miligram) bila dibandingkan dengan teh (40-45 miligram dalam jumlah yang sama).
Jadi, jika ingin mencari minuman yang dapat mengoptimalkan semua organ tubuh di pagi hari atau memberikan dorongan yang diperlukan sebelum berolahraga, maka kopi adalah jawabannya. Tetapi, jika cuma ingin mengusir kantuk di siang hari atau ingin tetap hangat di malam yang dingin, maka minum teh hitam.
Sumber